1. Perusahaan
Mustika Ratu dibangun pada tahun 1975, dimulai dari garasi rumah Hj. DR BRA
Mooryati Soedibyo, SS., M.Hum. Pada tahun 1978, perusahaan mulai menjalankan
bisnis secara komerisal dengan memproduksi jamu yang didistribusi di Jakarta,
Semarang, Surabaya, Bandung dan Medan.
2. Dalam
perkembangannya, permintaan konsumen meningkat sehingga di tahun 1980an
perusahaan mulai mengembangkan bermacam jenis kosmetik tradisional. Pada 8
April 1981, pabrik perusahaan dioperasikan secara resmi. Dengan tujuan untuk
memperkuat struktur kapitalisasi juga untuk mengimplementasi visinya sebagai
perusahaan kosmetik dan jamu alami dengan teknologi tinggi terbaik di
Indonesia, perusahaan membuat penawaran publik dan merekam sahamnya di PT.
Bursa Efek Jakarta pada tahun 1995. Perusahaan mulai menerapkan standar
internasional ISO 9002 dalam sistem manajemen mutu dan ISO 14001 dalam sistem
manajemen lingkungan sejak tahun 1996.
3. Ruang
lingkup dari aktivitas perusahaan meliputi fabrikasi, perdagangan, distribusi
jamu, kosmetik dan minuman kesehatan dan lain-lain yang berkaitan dengan
aktivitas bisnis.
4. PT.
Mustika Ratu, Tbk berdomisili di Jalan Gatot Subroto Kav. 74-74, Jakarta
Selatan dan pabrik berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 26,4, Ciracas, Jakarta
Timur.
5. Dua
Generasi PT Mustika Ratu Tbk. Pendiri sekaligus perintis Mustika Ratu, Hj. DR
BRA Mooryati Soedibyo SS.,M.Hum bersama putri keduanya, Putri Kuswisnu Wardani
yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur Mustika Ratu. Terhitung mulai
tahun 2011 lalu, BRA Mooryati Soedibyo menyerahkan tampuk pimpinan di
perusahaannya, PT Mustika Ratu, kepada anak keduanya, Putri Kuswisnu Wardani.
Dia perlu 25 tahun untuk mengader anaknya agar siap memimpin perusahaan
kosmetik milik keluarga tersebut.
6. Mooryati
memaparkan, ada tiga tahap menuju kepemimpinan puncak yang harus dilewati.
Yakni, konteks, proses, dan konten. Secara konteks, mooryati memilih penerus
yang mampu dan mau untuk beradaptasi meneruskan pengalaman dan pengetahuan
serta bisa melanjutkan filosofi dan cita-cita para pendahulu. Optimistis bahwa putrinya
bisa menggantikan posisinya sekaligus memajukan Mustika Ratu. Kini, bisnis
keluarga ini beralih ke putri keduanya.
7. Selama
25 tahun dia mengader ahli waris perusahaannya itu. Putri memulai karir di
posisi manajer promosi dan periklanan selama dua tahun. Lalu, setelah meraih
gelar MBA di bidang business administration dari National University,
Inglewood, California, dia menjabat manajer keuangan. Kemudian, secara bertahap
posisinya terus naik hingga menjabat presiden direktur (CEO). Karir Putri kian
cemerlang ketika mencetuskan produk kosmetik untuk kaum remaja, Mustika Puteri.
Sampai kini, produk tersebut masih bertahan dan menjadi salah satu tulang
punggung bisnis Mustika Ratu.
8. Mustika
Ratu dan IPEMI Memperkenalkan Salon Muslimah
PT.Mustika
Ratu, Tbk bekerja sama dengan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI)
menggelar acara pengukuhan pengurus pusat IPEMI dan Launching Pelatihan Salon
Muslimah yang berlangsung di kediaman pendiri PT Mustika Ratu Tbk, DR.Hj.BRA
Mooryati Soedibyo di Jl. Ki Mangunsarkoro no 69, Jakarta Pusat. Dalam acara ini
turut hadir Pendiri PT Mustika Ratu Tbk
dan Ketua Dewan Pembina IPEMI, DR.Hj.BRA Mooryati Soedibyo, Presiden Direktur
PT. Mustika Ratu, Putri. K. Wardhani, Ketua Umum IPEMI, Inggrid Tamsil dan
Puteri Indonesia Lingkungan 2015, Chyntia Fabyola. Di acara ini, para anggota
IPEMI nantinya dapat memperoleh pelatihan wirausaha dalam bidang salon
kecantikan muslimah. Sebagai perusahaan jamu dan kosmetik terbesar di
Indonesia, PT. Mustika Ratu, tbk memberikan supportnya dalam menyediakan barang
kebutuhan untuk salon yang tentunya sudah bersertifikasi halal. Tujuan dari
diselenggarakannya pelatihan salon muslimah ialah untuk mendorong para
perempuan khususnya ibu rumah tangga untuk dapat berwirausaha. Berwirausaha
tidak harus membutuhkan modal yang besar dengan modal kecil pun bisa yang
terpenting kita memiliki kemauan untuk memulainya. Lebih lanjut Ibu Mooryati
menjelaskan jika visi dan misi yang dimiliiki oleh IPEMI sejalan dengan Mustika
Ratu yaitu untuk mendorong perempuan indonesia untuk mandiri serta dapat
mensejahterahkan dirinya dan keluarganya.
Dengan adanya salon muslimah diharapakan dapat membantu konsumen dalam
mencari produk yang aman serta halal mengingat jika mayoritas masyarakat
Indonesia yang beragama Islam.
9. Filosofi
Mustika Ratu
Nama Mustika Ratu
memiliki value dan filosofi yang sangat mendalam, dalam bahasa Jawa memiliki
arti: Turun ing Sinatryo, Rembesing Madu, Tedak ing Wongamorotopo, Mustika ning
Ratu, yang diterjemahkan bebas: dari keturunan ksatria yang tersaring ketat,
yang berperilaku penuh prihatin dan kesadaran, terlahirlah peninggalan berharga
raja. Filosofi ini dibawa dalam setiap aspek perusahaan, yaitu memberikan buah
pikiran dan hasil kerja yang terbaik yang berasal dari peninggalan tradisi leluhur
yang berasal dari Keraton Surakarta Hadiningrat.
10. Mustika
Ratu memiliki slogan “Pusaka Indonesia” dimana Mustika Ratu sebagai brand dan
produk yang memberikan perawatan kecantikan secara holistic yaitu kecantikan
luar dan dalam melalui tradisi Indonesia. Dimana kecantikan dari luar dilakukan
dengan melakukan perawatan dengan menggunakan produk personal care dan dari
dalam adalah dengan menggunakan jamu.
11. Pendiri
Mustika Ratu, DR. BRA. Mooryati Soedibyo mempelajari keterampilan meramu
bahan-bahan alami untuk dibuat jamu untuk perawatan kesehatan serta kecantikan
sejak Beliau masih kecil dari dalam istana Keraton Surakarta. Saat ini Mustika
Ratu sendiri telah memiliki lebih dari 40 jenis jamu yang bermanfaat untuk
pelangsing, penurun kolesterol, detoks, penurun asam urat, mengatasi gangguang
sulit tidur, jamu untuk perawatan khusus wanita, jamu untuk perawatan khusus
pria, perawatan kesehatan mulut dan gigi, serta minuman (ready to drink)
kesehatan. Menyadari akan pentingnya jamu bagi tubuh manusia, Mustika Ratu
menggagas kegiatan “Ayo Minum Jamu” dengan berkeliling secara rutin setiap
minggu ke Kementerian Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.
12. Selama lebih dari 25 tahun berpengalaman di
bidang kosmetik, saat ini Mustika Ratu memiliki 7 brand dibawah naungannya,
yakni:
1.
Mustika Ratu by BRA Mooryati Soedibyo
2.
Bask For Men
3.
Biocell Lines Defense
4.
Moor’s Professional Make-up
5.
Ratu Mas
6.
Mustika Putri
7.
Taman Sari Royal Heritage Spa
13. PT.
Mustika Ratu, Tbk has already entered international market and exported to more
than 20 countries including among others: Malaysia, Singapore, Brunei,
Hongkong, Taiwan, Japan, Vietnam, Cambodia, Russia, Czech Republic, Canada,
Arab Saudi, and more of our product are taken alike by people the world over.
14. 1. PT.
Mustika Ratu, Tbk is reputable company in its field. Numerous award and
acknowledgements had been received over the years for both its management and
brand performance. A few of those are :
- “Indonesian Best Brand Platinum 2011”
for Slimming Tea product consecutive 6 years (2006-2011) from SWA Magazine and
MARS.
- “Indonesian Best Brand Award” for
Bengkoang Roots Mask Product consecutive 3 years (2009-2011) from SWA Magazine
and MARS.
- “Bazaar Beauty Award” for Bengkoang
Roots Mask Product consecutive 2 years (2009-2010) from Harpers Bazaar
Magazine.
-“Indonesian Best Packaging Award 2009”
for Mustika Ratu Bengkoang whitening Hand & Body Lotion and Puteri Body
Splash Cologne from SWA Magazine and IBS.
- “Best CEO 2009” from Warta Ekonomi
Magazine.
- “Indonesia Best Original Product Award
2009” for Slimming Tea from Bisnis Indonesia Newspaper.
- “Asia Pacific Entrepreneurship Award
2009” from Asian Enterprise.
- “Go International Spa Award 2008” from
Indonesian Franchise Association.
- “Indonesian Best Herbal Medicine Award
2008” for Slimming Tea product from SWA Magazineand Brandmaker.
-“Health and Beauty Award 2008” for Best
Herbal Slimming Tea from Watsons-Malaysia.
-“Indonesias Most Admired Companies Award
2007” from Business Week Magazine and Frontier.
-“Shawali Award” as Environmentally
Friendly Businessman from Indonesia Environmental Managementand Information
Center.
- “Upakati Award” in the effort of
Traditional Medicine Prevention from President of the Republicof Indonesia.
- “Best of the Best Entrepreneur of the
Year” from Ernes & Young
15. Visi
dan Misi PT. Mustika Ratu, Tbk
Visi Mustika Ratu
Menjadikan warisan
tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan / kebugaran
dan kecantikan / penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi
teknologi berkelanjutan, namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan
yang berasal dari alam.
Misi Mustika Ratu
Falsafah kesehatan /
kebugaran dan kecantikan / penampilan paripurna (holistic wellness) yang telah
lama ditinggalkan masyarakat luas, digali kembali oleh seorang Puteri Keraton
sebagai royal heritage untuk dibagikan kepada dunia sebagai karunia Tuhan dalam
bentuk ilmu pengetahuan yang harus dipertahankan dan dilestarikan.
16. Budaya
Perusahaan
-
Mengutamakan peningkatan kepuasan pelanggan
-
Bekerja dengan budaya kekeluargaan dan
keakraban
-
Menghargai integritas dan
profesionalisme yang tinggi
-
Menunjang kerjasama dan gotong royong
dalam mencapai tujuan bersama
17. Mustika
Ratu Slimming Tea Daun Sirsak Hadir di Film Bulan Terbelah di Langit Amerika
Beberapa tahun terakhir
ini, dunia perfilman Indonesia kembali menunjukkan gairahnya setelah sempat
mati suri di tahun 2000-an. Banyak novel best seller, cerita nyata yang
diangkat kedalam film yang langsung ditangani oleh sutradara handal kebanggaan
Indonesia. Film pun kini tak hanya menjadi sarana untuk menyampaikan pesan
moral kepada penonton. Film masa kini menjadi moda yang tepat untuk membangun
brand awareness dari sebuah merek.
Mustika Ratu berharap dengan kehadiran Mustika Ratu Slimming Tea di film
Bulan Terbelah di Langit Amerika dapat meningkatkan brand awareness dan
menginspirasi wanita Indonesia untuk memiliki tubuh yang langsing dan sehat
18. Mustika
Ratu bekerja sama dengan Yayasan Putri Indonesia (YPI) sebagai sponsorship
Puteri Indonesia. Mustika Ratu dalam pemilihan Puteri Indonesia mengambil
target audiens event Puteri Indonesia dan target konsumen Mustika Ratu. Hal ini
dilakukan sebagai media promosi Mustika Ratu dalam Puteri Indonesia.
19. Modal
Mustika Ratu berawal dari Rp. 25.000
Mooryati mengandalkan
modal Rp 25.000 yang ia punya dan garasi rumah sebagai tempat memproduksi jamu.
Saat itu dengan modal yang ada Mooryati bisa memproduksi seratus botol jamu
beras kencur yang dijual Rp 1.000 per botol. Jamu ia jual kepada kerabat dan
kenalan-kenalannya. Jamu jualannya ia antar bersama pembantunya menggunakan
sepeda motor. Lama-kelamaan makin banyak yang memesan jamu buatan Mooryati.
Perlahan inovasi-inovasi mulai ia lakukan. Semua masukan dari pelanggan
mendorong dirinya meningkatkan kualitas dan jenis produk yang ia jual. Dari
jamu hingga ke perangkat perawatan kecantikan Mooryati produksi di bawah
perusahaan Mustika Ratu. Kini usaha yang ia rintis dari nol sudah besar dan
mulai merambah bidang lain, termasuk hotel. Kepemimpinan perusahaan pun sudah
diwariskan kepada putri keduanya, Putri Kuswinu Wardani.
20. Struktur
tata kelola perusahaan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan
Komisaris, Direksi, Komite Audit, Sekretaris Perusahaan dan Pengendalian
Internal.
21. Perseroan
juga menggambarkan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan hal ini terlihat
dimana Perseroan telah bekerja sama dengan Green Edelweiss Foundation dalam
mendukung kegiatan kampanye “Indonesia Goes Green” yang diprakasai oleh Menteri
Lingkungan Hidup Bapak Gusti Muhammad Hatta pada tanggal 4 Juni dan 5 Juni 2010
di Bunderan HI, Jakarta dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.
22. Perseroan
memperoleh laba usaha pada tahun 2010 sebesar Rp 37 miliar, menurun sebesar Rp
4 miliar atau 10% dibandingkan tahun 2009 sebesar Rp 41 miliar. Penurunan laba
usaha disebabkan oleh peningkatan beban usaha yang disertai oleh peningkatan
penjualan Perseroan.
23. Mustika
Ratu sebagai salah satu produsen kosmetika terbesar di tanah air meluncurkan
Trend Warna Make-Up terbarunya “SASMARA DAHANA” untuk tata rias elegan dan
percaya diri. Nama SASMARA DAHANA sendiri memiliki arti “Bersatu Dalam Cinta
Membara“, di mana kekuatan cinta yang membara dalam diri setiap wanita
Indonesia telah menginspirasi warna-warna yang dikeluarkan Mustika Ratu di
tahun 2010.
24. Perseroan
telah menciptakan sebuah produk Nanotechnology yang perduli terhadap kecantikan
kulit kaum hawa karena salah satu hal yang banyak dirisaukan adalah kecantikan
kulit seiring bertambahnya usia. Nanotechnology adalah terobosan terbaru dalam
dunia kecantikan yang akan memberikan hasil maksimal dan memuaskan dalam
perawatan anti aging. Biocell, salah satu brand keluaran PT Mustika Ratu Tbk.
telah menghadirkan inovasi terbaru untuk perawatan Anti Aging, yaitu ”BIOLIFT
Nano Tech Advance Lifting Serum”, yang membantu meremajakan dan mencerahkan
kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit, serta menjadikan kulit halus dan
lembut. Keistimewaan produk ini adalah telah menggunakan teknologi nanopartikel
yang dapat meningkatkan efektifitas formula, karena partikel bahan aktifnya
yang 1.000 kali lebih kecil dibandingkan partikel mikron, mampu berpenetrasi
lebih dalam ke lapisan kulit. Produk ini baik digunakan untuk usia 40+.
25. Sebagai
salah satu perusahaan yang peduli terhadap kecantikan perempuan Indonesia, PT
Mustika Ratu, Tbk mempersembahkan ”Seminar Anti Aging” yang dibawakan oleh Dr.
Deby Vinsky, AAMS (Ahli Anti Aging & Nanotechnology).
26. Beberapa
produk yang ada juga mendapatkan rejuvinasi baik dari sisi materi iklan,
kemasan maupun peningkatan formulasi seperti Puteri Body Splash Cologne dan
Bask Splash Cologne. Sebagai bukti dari kekonsistensian Perseroan dalam menjaga
kualitas produk agar tetap menjadi unggul.
27. Perseroan
berusaha untuk meningkatkan eksistensi sebagai Market Leader dan memperluas
pangsa pasar. Perseroan memfokuskan strategi pada system AVI yaitu
Availability, Visibility, dan Inventory.
28. Peningkatan
penjualan tidak terlepas dari efektifnya program-program promosi penjualan yang
telah dilakukan. Melakukan promosi Above-the-line dan promosi below-the-line
sehingga memberikan manfaat bagi Perseroan dalam mendekatkan diri kepada
konsumen potensial Diantaranya melalui aktivitas Below The Line yang meliputi
antara lain kegiatan Beauty Class (Workshop), Beauty Demo, dan Floor display,
dimana frekuensi dan kualitas program tersebut semakin ditingkatkan sehingga
dapat memberikan hasil yang memuaskan. Selain itu, Perseroan juga melakukan
aktivitas Above The Line seperti melakukan promosi pada berbagai media baik
melalui media cetak, televisi, dan juga radio dengan strategi yang tepat di
setiap negara, dengan tujuan agar produk Mustika Ratu dapat semakin dikenal
secara luas serta dapat memberikan manfaat bagi para konsumen di negara tujuan
ekspor.
29. Di
tahun 2010 Perseroan meningkatkan output-nya menjadi 4.665 ton, dimana pada
tahun ini Perseroan melakukan launching produk baru : Zaitun Series, Tren Warna
2011, Puteri Body spray dan Bask Body Spray untuk memperkuat range aroma yang
akan menambah pilihan bagi konsumen. Selain itu Perseroan juga telah
berorientasi pada pengakuan produk HALAL, khususnya Jamu dimana produk kami
seperti Katagori Teh telah mendapat pengakuan sertifikat HALAL dari MUI pada
tahun 2010 ini, dan kami akan terus bergerak untuk mendapatkan pengakuan
sertifikat HALAL ini pada produk lainnya, dan juga system jaminan halal dalam
proses produksinya.
30. Mustika
Ratu sebagai cosmetic company yang inovatif membuat produk kosmetika khusus untuk para
"teenagers" yaitu Mustika Puteri. Produk Mustika Putri diantaranya
yaitu; Facial Care, Basic Makeup, Mist Cologne, Decorative(Lipstick,Eye
Shadow&Lipstick), Whitening Series, Parfum, Cologne, Deodorant.
31. Founder
Mustika Ratu memiliki keahlian dalam meracik jamu, Ibu Mooryati Soedibyo
mendirikan perusahaan jamu dan kosmetika terbesar di Indonesia yaitu PT.
Mustika Ratu, Tbk. Dimulai dari garasi rumahnya, bisnis yang dijalankan Ibu
Mooryati Soedibyo terus berkembang setiap tahunnya. Bisnisnya telah membantu
menciptakan lapangan pekerjaan dengan merekrut sekitar 3000 tenaga kerja yang
secara langsung memperbaiki taraf hidup 3000 keluarga Indonesia. Tidak hanya
itu, bisnis ini juga turut menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu
produk bermutu yang berbahan tumbuhan alami Indonesia serta dihasilkan dari
sumber daya Indonesia, yang disukai di mancanegara.
32. PT
Mustika Ratu Tbk membuat program untuk fresh graduate dan pelajar yang terdiri
dari bimbingan para ahli. Program ini mencakup class room dan on-the-job
training. PT Mustika Ratu menyiapkan lingkungan yang kondusif untuk mengenal
perusahaan, semua bisnis dan nilai-nilai perusahaan bagi para calon karyawan.
33. Terinspirasi
oleh pesona Taman Sari yaitu taman yang indah yang terkenal sebagai tempat
pemandian keluarga kerajaan Jawa, pangeran dan putrid. PT. Mustika Ratu
mencintakan Taman Sari Roal Heritage Spa yang dibuka di Sheraton Mustika Hotel
Yogyakarta pada tahun 1997 kemudian membuka cabang di Jakarta pada September
2000. Diikuti oleh yang lain makan dikelola oleh sistem waralaba. Karena
PT.Mustika Ratu Tbk juga memperluas bisnis di lokal Indonesia seperti Riau,
Palembang, Kampung Sampireun Garut, Anyer, Bintan juga di seluruh dunia seperti
Malaysia, Zeo-Jepang, Republik Ceko, Whistler-Kanada, Bulgaria juga
Langkawi-Malaysia dan lain-lain dalam waktu dekat.
34. Festival Royal Heritage by Mustika Ratu
PT
Mustika Ratu Tbk sebagai perusahan jamu dan kosmetika berbasis budaya
menghadirkan pesona Festival Royal Heritage by Mustika Ratu ke dalam event Beauty
Fair yang berlangsung pada tanggal 7 hingga 13 September 2015 di Atrium Mall
Kota Kasablanka. Dalam event ini, Mustika Ratu mengajak media dan beauty
blogger untuk ikut menikmati sensasi rangkaian pesona Royal Heritage yang
berlangsung pada hari ini, Kamis (10/9) yang turut dihadiri oleh Puteri
Indonesia Lingkungan 2015, Chintya Fabyola yang akan berbagi cerita rahasia
bugar dan cantiknya serta persiapannya dalam menyambut ajang Miss International
2015 di Jepang nanti.
Dalam
acara Gathering kali ini, media dan beauty blogger dalam menikmati rangkaian
acara yang sudah dipersiapkan oleh Mustika Ratu seperti; demo make up
menggunakan Moor’s Professional Make Up, Neck and Shoulder treatment dari Taman
Sari Royal Heritage Spa serta nail art dari Mustika Puteri, tak lupa suguhan
wedang hangat dan tetrapack gula asam, beras kencur dan kunir asam dari Mustika
Ratu Jamu pun siap dijamu. “Disini media dan beauty blogger akan kami bawa
kedalam suasana Royal Heritage yang sesuai dengan trademark dari Mustika Ratu.
Dengan tema ini, Mustika Ratu ingin mengajak generasi muda tetap mencintai dan
membawa nilai budaya bangsa kedalam kehidupan sehari-hari,” ungkap GM Marketing
PT Mustika Ratu Tbk, Indah Soelistyawati.
Presiden
Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Putri K Wardani melihat event ini sebagai peluang
bagi pengusaha lokal untuk bisa berlaga di pentas dagang nasional bahkan
internasional. “Kita tidak boleh kalah saing dengan merek asing, secara
kualitas produk asli Indonesia tidak kalah bersaing dengan merek luar. Kenaikan
nilai dollar terhadap rupiah saat ini merupakan kesempatan bagi Kami, pelaku
usaha lokal untuk menarik minat konsumen agar mencintai produk dalam negeri,”
ujar Putri.
Beragam
acara menarik sudah dirancang oleh Mustika Ratu untuk menghibur pengunjung seperti
Meet and Greet with Puteri Indonesia, Photo Competition with Puteri Indonesia,
Demo Make Up by Moor’s Professional Make Up by Mustika Ratu, Beauty Feet
Challenge by Taman Sari Royal Heritage Spa, Free Nail Art, Free Tarot, diskon
menarik serta suguhan manis cupcakes dan Belgian choco tartlet dari robokeik.
35. Mengenal
Jamu Dengan House of Jamu Mustika Ratu
Sejak
Desember 2014, PT Mustika Ratu, Tbk sebagai perusahaan Jamu Tradisional gencar
menggampanyekan Gerakan Ayo Minum Jamu Bersama yang rutin dilakukan di
Kementerian setiap hari Jumat. Menyadari pentingnya konsumsi minum jamu
bersama, maka Presiden Direktur PT.Mustika Ratu, Tbk serta Wakil Ketua Umum
(WKU) Kadin Indonesia Bidang Industri Berbasis Budaya, Putri K. Wardani yang
didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menghadirkan “House of
Jamu Mustika Ratu” yang berada di Lobby Utama Kementerian Perdagangan, Jl, M.I
Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Dalam acara Launching dan talk show ini turut hadir
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustine dan Puteri Indonesia 2015,
Anindya Kusuma Putri. Dalam launching “House of Jamu Mustika Ratu”, Mustika
Ratu juga memperkenalkan beberapa menu minuman dan makanan ringan yang diolah
dari aneka jamu-jamuan Mustika Ratu seperti Gula Asam, Beras Kencur dan Kunir
Asam. Presiden Direktur PT.Mustika Ratu, Tbk serta Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin
Indonesia Bidang Industri Berbasis Budaya, Putri K. Wardani menyadari tidak
mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan minuman jamu segar yang higienis dan
langsung bisa diminum di tempat, untuk itu tebersitlah rencana untuk membuat
outlet jamu siap saji di tempat keramaian yang diberi nama “House of Jamu
Mustika Ratu”. “House of Jamu Mustika Ratu dibuat untuk memperkenalkan kepada
masyarakat manfaat konsumsi jamu selain itu juga mengajak generasi muda untuk
rajin minum jamu serta mengedukasi bahwa jamu tidak pahit dan ternyata bisa
diolah menjadi minuman dan makanan ringan yang sangat mengundang selera. Jamu
sangat bagus untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, selain itu jamu tidak lagi
pahit seperti dulu karena sudah diolah dan bisa dikonsumsi di mana pun dan
kapanpun. Anindya pun berpesan kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk
sama-sama menyukai dan mengonsumsi Jamu. Jangan sampai minuman Jamu di klaim
menjadi minuman kesehatan oleh negara tetangga, maka dari itu ayuk kita
sama-sama membudayakan Gerakan Ayo Minum Jamu. Selain minuman dan makanan
ringan, di “House of Mustika Ratu” pengunjung juga bisa mendapatkan produk jamu
dan teh kesehatan dari Mustika Ratu seperti Slimming Tea untuk melangsingkan,
Lokol Tea untuk menurunkan kolestrol, Tox Tea untuk detoks dan memperbaikin
fungsi hati, dll, Minuman Kemasan/RTD Gula Asam, Beras Kencur dan Kunir Asam
yang menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) yang memungkinkan
pengolahan 100% bahan-bahan segar jamu menjadi aneka ramuan, sesuai aslinya
tanpa bahan pengawet dan tahan hingga 3 tahun. Dulu ramuan jamu hanya maksimal
tahan 3 hari, kalau disimpan di lemari es paling lama awet sekitar 10 hari.
Dengan teknologi ini minuman RTD bisa bertahan 3 tahun.
Sumber; www.mustikaratu.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar