Selasa, 29 Maret 2016

35 Fakta PT. Mustika Ratu, Tbk.



1.     Perusahaan Mustika Ratu dibangun pada tahun 1975, dimulai dari garasi rumah Hj. DR BRA Mooryati Soedibyo, SS., M.Hum. Pada tahun 1978, perusahaan mulai menjalankan bisnis secara komerisal dengan memproduksi jamu yang didistribusi di Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Medan.

2.   Dalam perkembangannya, permintaan konsumen meningkat sehingga di tahun 1980an perusahaan mulai mengembangkan bermacam jenis kosmetik tradisional. Pada 8 April 1981, pabrik perusahaan dioperasikan secara resmi. Dengan tujuan untuk memperkuat struktur kapitalisasi juga untuk mengimplementasi visinya sebagai perusahaan kosmetik dan jamu alami dengan teknologi tinggi terbaik di Indonesia, perusahaan membuat penawaran publik dan merekam sahamnya di PT. Bursa Efek Jakarta pada tahun 1995. Perusahaan mulai menerapkan standar internasional ISO 9002 dalam sistem manajemen mutu dan ISO 14001 dalam sistem manajemen lingkungan sejak tahun 1996.

3.     Ruang lingkup dari aktivitas perusahaan meliputi fabrikasi, perdagangan, distribusi jamu, kosmetik dan minuman kesehatan dan lain-lain yang berkaitan dengan aktivitas bisnis.

4.      PT. Mustika Ratu, Tbk berdomisili di Jalan Gatot Subroto Kav. 74-74, Jakarta Selatan dan pabrik berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 26,4, Ciracas, Jakarta Timur.

5.     Dua Generasi PT Mustika Ratu Tbk. Pendiri sekaligus perintis Mustika Ratu, Hj. DR BRA Mooryati Soedibyo SS.,M.Hum bersama putri keduanya, Putri Kuswisnu Wardani yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur Mustika Ratu. Terhitung mulai tahun 2011 lalu, BRA Mooryati Soedibyo menyerahkan tampuk pimpinan di perusahaannya, PT Mustika Ratu, kepada anak keduanya, Putri Kuswisnu Wardani. Dia perlu 25 tahun untuk mengader anaknya agar siap memimpin perusahaan kosmetik milik keluarga tersebut.

6.      Mooryati memaparkan, ada tiga tahap menuju kepemimpinan puncak yang harus dilewati. Yakni, konteks, proses, dan konten. Secara konteks, mooryati memilih penerus yang mampu dan mau untuk beradaptasi meneruskan pengalaman dan pengetahuan serta bisa melanjutkan filosofi dan cita-cita para pendahulu. Optimistis bahwa putrinya bisa menggantikan posisinya sekaligus memajukan Mustika Ratu. Kini, bisnis keluarga ini beralih ke putri keduanya.

7.      Selama 25 tahun dia mengader ahli waris perusahaannya itu. Putri memulai karir di posisi manajer promosi dan periklanan selama dua tahun. Lalu, setelah meraih gelar MBA di bidang business administration dari National University, Inglewood, California, dia menjabat manajer keuangan. Kemudian, secara bertahap posisinya terus naik hingga menjabat presiden direktur (CEO). Karir Putri kian cemerlang ketika mencetuskan produk kosmetik untuk kaum remaja, Mustika Puteri. Sampai kini, produk tersebut masih bertahan dan menjadi salah satu tulang punggung bisnis Mustika Ratu.

8.      Mustika Ratu dan IPEMI Memperkenalkan Salon Muslimah
PT.Mustika Ratu, Tbk bekerja sama dengan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) menggelar acara pengukuhan pengurus pusat IPEMI dan Launching Pelatihan Salon Muslimah yang berlangsung di kediaman pendiri PT Mustika Ratu Tbk, DR.Hj.BRA Mooryati Soedibyo di Jl. Ki Mangunsarkoro no 69, Jakarta Pusat. Dalam acara ini turut hadir Pendiri PT Mustika  Ratu Tbk dan Ketua Dewan Pembina IPEMI, DR.Hj.BRA Mooryati Soedibyo, Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Putri. K. Wardhani, Ketua Umum IPEMI, Inggrid Tamsil dan Puteri Indonesia Lingkungan 2015, Chyntia Fabyola. Di acara ini, para anggota IPEMI nantinya dapat memperoleh pelatihan wirausaha dalam bidang salon kecantikan muslimah. Sebagai perusahaan jamu dan kosmetik terbesar di Indonesia, PT. Mustika Ratu, tbk memberikan supportnya dalam menyediakan barang kebutuhan untuk salon yang tentunya sudah bersertifikasi halal. Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan salon muslimah ialah untuk mendorong para perempuan khususnya ibu rumah tangga untuk dapat berwirausaha. Berwirausaha tidak harus membutuhkan modal yang besar dengan modal kecil pun bisa yang terpenting kita memiliki kemauan untuk memulainya. Lebih lanjut Ibu Mooryati menjelaskan jika visi dan misi yang dimiliiki oleh IPEMI sejalan dengan Mustika Ratu yaitu untuk mendorong perempuan indonesia untuk mandiri serta dapat mensejahterahkan dirinya dan keluarganya.  Dengan adanya salon muslimah diharapakan dapat membantu konsumen dalam mencari produk yang aman serta halal mengingat jika mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam.

9.      Filosofi Mustika Ratu
Nama Mustika Ratu memiliki value dan filosofi yang sangat mendalam, dalam bahasa Jawa memiliki arti: Turun ing Sinatryo, Rembesing Madu, Tedak ing Wongamorotopo, Mustika ning Ratu, yang diterjemahkan bebas: dari keturunan ksatria yang tersaring ketat, yang berperilaku penuh prihatin dan kesadaran, terlahirlah peninggalan berharga raja. Filosofi ini dibawa dalam setiap aspek perusahaan, yaitu memberikan buah pikiran dan hasil kerja yang terbaik yang berasal dari peninggalan tradisi leluhur yang berasal dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

10.  Mustika Ratu memiliki slogan “Pusaka Indonesia” dimana Mustika Ratu sebagai brand dan produk yang memberikan perawatan kecantikan secara holistic yaitu kecantikan luar dan dalam melalui tradisi Indonesia. Dimana kecantikan dari luar dilakukan dengan melakukan perawatan dengan menggunakan produk personal care dan dari dalam adalah dengan menggunakan jamu.

11.  Pendiri Mustika Ratu, DR. BRA. Mooryati Soedibyo mempelajari keterampilan meramu bahan-bahan alami untuk dibuat jamu untuk perawatan kesehatan serta kecantikan sejak Beliau masih kecil dari dalam istana Keraton Surakarta. Saat ini Mustika Ratu sendiri telah memiliki lebih dari 40 jenis jamu yang bermanfaat untuk pelangsing, penurun kolesterol, detoks, penurun asam urat, mengatasi gangguang sulit tidur, jamu untuk perawatan khusus wanita, jamu untuk perawatan khusus pria, perawatan kesehatan mulut dan gigi, serta minuman (ready to drink) kesehatan. Menyadari akan pentingnya jamu bagi tubuh manusia, Mustika Ratu menggagas kegiatan “Ayo Minum Jamu” dengan berkeliling secara rutin setiap minggu ke Kementerian Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

12.   Selama lebih dari 25 tahun berpengalaman di bidang kosmetik, saat ini Mustika Ratu memiliki 7 brand dibawah naungannya, yakni:
1. Mustika Ratu by BRA Mooryati Soedibyo
2. Bask For Men
3. Biocell Lines Defense
4. Moor’s Professional Make-up
5. Ratu Mas
6. Mustika Putri
7. Taman Sari Royal Heritage Spa

13.  PT. Mustika Ratu, Tbk has already entered international market and exported to more than 20 countries including among others: Malaysia, Singapore, Brunei, Hongkong, Taiwan, Japan, Vietnam, Cambodia, Russia, Czech Republic, Canada, Arab Saudi, and more of our product are taken alike by people the world over.

14.  1.      PT. Mustika Ratu, Tbk is reputable company in its field. Numerous award and acknowledgements had been received over the years for both its management and brand performance. A few of those are :
-  “Indonesian Best Brand Platinum 2011” for Slimming Tea product consecutive 6 years (2006-2011) from SWA Magazine and MARS.
-  “Indonesian Best Brand Award” for Bengkoang Roots Mask Product consecutive 3 years (2009-2011) from SWA Magazine and MARS.
-   “Bazaar Beauty Award” for Bengkoang Roots Mask Product consecutive 2 years (2009-2010) from Harpers Bazaar Magazine.
-“Indonesian Best Packaging Award 2009” for Mustika Ratu Bengkoang whitening Hand & Body Lotion and Puteri Body Splash Cologne from SWA Magazine and IBS.
- “Best CEO 2009” from Warta Ekonomi Magazine.
- “Indonesia Best Original Product Award 2009” for Slimming Tea from Bisnis Indonesia Newspaper.
-  “Asia Pacific Entrepreneurship Award 2009” from Asian Enterprise.
- “Go International Spa Award 2008” from Indonesian Franchise Association.
- “Indonesian Best Herbal Medicine Award 2008” for Slimming Tea product from SWA Magazineand Brandmaker.
-“Health and Beauty Award 2008” for Best Herbal Slimming Tea from Watsons-Malaysia.
-“Indonesias Most Admired Companies Award 2007” from Business Week Magazine and Frontier.
-“Shawali Award” as Environmentally Friendly Businessman from Indonesia Environmental Managementand Information Center.
-  “Upakati Award” in the effort of Traditional Medicine Prevention from President of the Republicof Indonesia.
-  “Best of the Best Entrepreneur of the Year” from Ernes & Young 

15.  Visi dan Misi PT. Mustika Ratu, Tbk
Visi Mustika Ratu
Menjadikan warisan tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan / kebugaran dan kecantikan / penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan, namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam.
Misi Mustika Ratu
Falsafah kesehatan / kebugaran dan kecantikan / penampilan paripurna (holistic wellness) yang telah lama ditinggalkan masyarakat luas, digali kembali oleh seorang Puteri Keraton sebagai royal heritage untuk dibagikan kepada dunia sebagai karunia Tuhan dalam bentuk ilmu pengetahuan yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

16.  Budaya Perusahaan
-          Mengutamakan peningkatan kepuasan pelanggan
-          Bekerja dengan budaya kekeluargaan dan keakraban
-          Menghargai integritas dan profesionalisme yang tinggi
-          Menunjang kerjasama dan gotong royong dalam mencapai tujuan bersama

17.  Mustika Ratu Slimming Tea Daun Sirsak Hadir di Film Bulan Terbelah di Langit   Amerika
Beberapa tahun terakhir ini, dunia perfilman Indonesia kembali menunjukkan gairahnya setelah sempat mati suri di tahun 2000-an. Banyak novel best seller, cerita nyata yang diangkat kedalam film yang langsung ditangani oleh sutradara handal kebanggaan Indonesia. Film pun kini tak hanya menjadi sarana untuk menyampaikan pesan moral kepada penonton. Film masa kini menjadi moda yang tepat untuk membangun brand awareness dari sebuah merek.  Mustika Ratu berharap dengan kehadiran Mustika Ratu Slimming Tea di film Bulan Terbelah di Langit Amerika dapat meningkatkan brand awareness dan menginspirasi wanita Indonesia untuk memiliki tubuh yang langsing dan sehat

18.  Mustika Ratu bekerja sama dengan Yayasan Putri Indonesia (YPI) sebagai sponsorship Puteri Indonesia. Mustika Ratu dalam pemilihan Puteri Indonesia mengambil target audiens event Puteri Indonesia dan target konsumen Mustika Ratu. Hal ini dilakukan sebagai media promosi Mustika Ratu dalam Puteri Indonesia.

19.  Modal Mustika Ratu berawal dari Rp. 25.000
Mooryati mengandalkan modal Rp 25.000 yang ia punya dan garasi rumah sebagai tempat memproduksi jamu. Saat itu dengan modal yang ada Mooryati bisa memproduksi seratus botol jamu beras kencur yang dijual Rp 1.000 per botol. Jamu ia jual kepada kerabat dan kenalan-kenalannya. Jamu jualannya ia antar bersama pembantunya menggunakan sepeda motor. Lama-kelamaan makin banyak yang memesan jamu buatan Mooryati. Perlahan inovasi-inovasi mulai ia lakukan. Semua masukan dari pelanggan mendorong dirinya meningkatkan kualitas dan jenis produk yang ia jual. Dari jamu hingga ke perangkat perawatan kecantikan Mooryati produksi di bawah perusahaan Mustika Ratu. Kini usaha yang ia rintis dari nol sudah besar dan mulai merambah bidang lain, termasuk hotel. Kepemimpinan perusahaan pun sudah diwariskan kepada putri keduanya, Putri Kuswinu Wardani.

20. Struktur tata kelola perusahaan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, Direksi, Komite Audit, Sekretaris Perusahaan dan Pengendalian Internal.

21.  Perseroan juga menggambarkan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan hal ini terlihat dimana Perseroan telah bekerja sama dengan Green Edelweiss Foundation dalam mendukung kegiatan kampanye “Indonesia Goes Green” yang diprakasai oleh Menteri Lingkungan Hidup Bapak Gusti Muhammad Hatta pada tanggal 4 Juni dan 5 Juni 2010 di Bunderan HI, Jakarta dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.

22.  Perseroan memperoleh laba usaha pada tahun 2010 sebesar Rp 37 miliar, menurun sebesar Rp 4 miliar atau 10% dibandingkan tahun 2009 sebesar Rp 41 miliar. Penurunan laba usaha disebabkan oleh peningkatan beban usaha yang disertai oleh peningkatan penjualan Perseroan.

23.  Mustika Ratu sebagai salah satu produsen kosmetika terbesar di tanah air meluncurkan Trend Warna Make-Up terbarunya “SASMARA DAHANA” untuk tata rias elegan dan percaya diri. Nama SASMARA DAHANA sendiri memiliki arti “Bersatu Dalam Cinta Membara“, di mana kekuatan cinta yang membara dalam diri setiap wanita Indonesia telah menginspirasi warna-warna yang dikeluarkan Mustika Ratu di tahun 2010.

24. Perseroan telah menciptakan sebuah produk Nanotechnology yang perduli terhadap kecantikan kulit kaum hawa karena salah satu hal yang banyak dirisaukan adalah kecantikan kulit seiring bertambahnya usia. Nanotechnology adalah terobosan terbaru dalam dunia kecantikan yang akan memberikan hasil maksimal dan memuaskan dalam perawatan anti aging. Biocell, salah satu brand keluaran PT Mustika Ratu Tbk. telah menghadirkan inovasi terbaru untuk perawatan Anti Aging, yaitu ”BIOLIFT Nano Tech Advance Lifting Serum”, yang membantu meremajakan dan mencerahkan kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit, serta menjadikan kulit halus dan lembut. Keistimewaan produk ini adalah telah menggunakan teknologi nanopartikel yang dapat meningkatkan efektifitas formula, karena partikel bahan aktifnya yang 1.000 kali lebih kecil dibandingkan partikel mikron, mampu berpenetrasi lebih dalam ke lapisan kulit. Produk ini baik digunakan untuk usia 40+.

25.  Sebagai salah satu perusahaan yang peduli terhadap kecantikan perempuan Indonesia, PT Mustika Ratu, Tbk mempersembahkan ”Seminar Anti Aging” yang dibawakan oleh Dr. Deby Vinsky, AAMS (Ahli Anti Aging & Nanotechnology).

26. Beberapa produk yang ada juga mendapatkan rejuvinasi baik dari sisi materi iklan, kemasan maupun peningkatan formulasi seperti Puteri Body Splash Cologne dan Bask Splash Cologne. Sebagai bukti dari kekonsistensian Perseroan dalam menjaga kualitas produk agar tetap menjadi unggul.

27. Perseroan berusaha untuk meningkatkan eksistensi sebagai Market Leader dan memperluas pangsa pasar. Perseroan memfokuskan strategi pada system AVI yaitu Availability, Visibility, dan Inventory.

28.  Peningkatan penjualan tidak terlepas dari efektifnya program-program promosi penjualan yang telah dilakukan. Melakukan promosi Above-the-line dan promosi below-the-line sehingga memberikan manfaat bagi Perseroan dalam mendekatkan diri kepada konsumen potensial Diantaranya melalui aktivitas Below The Line yang meliputi antara lain kegiatan Beauty Class (Workshop), Beauty Demo, dan Floor display, dimana frekuensi dan kualitas program tersebut semakin ditingkatkan sehingga dapat memberikan hasil yang memuaskan. Selain itu, Perseroan juga melakukan aktivitas Above The Line seperti melakukan promosi pada berbagai media baik melalui media cetak, televisi, dan juga radio dengan strategi yang tepat di setiap negara, dengan tujuan agar produk Mustika Ratu dapat semakin dikenal secara luas serta dapat memberikan manfaat bagi para konsumen di negara tujuan ekspor.

29.  Di tahun 2010 Perseroan meningkatkan output-nya menjadi 4.665 ton, dimana pada tahun ini Perseroan melakukan launching produk baru : Zaitun Series, Tren Warna 2011, Puteri Body spray dan Bask Body Spray untuk memperkuat range aroma yang akan menambah pilihan bagi konsumen. Selain itu Perseroan juga telah berorientasi pada pengakuan produk HALAL, khususnya Jamu dimana produk kami seperti Katagori Teh telah mendapat pengakuan sertifikat HALAL dari MUI pada tahun 2010 ini, dan kami akan terus bergerak untuk mendapatkan pengakuan sertifikat HALAL ini pada produk lainnya, dan juga system jaminan halal dalam proses produksinya.

30.  Mustika Ratu sebagai cosmetic company yang inovatif  membuat produk kosmetika khusus untuk para "teenagers" yaitu Mustika Puteri. Produk Mustika Putri diantaranya yaitu; Facial Care, Basic Makeup, Mist Cologne, Decorative(Lipstick,Eye Shadow&Lipstick), Whitening Series, Parfum, Cologne, Deodorant.

31.  Founder Mustika Ratu memiliki keahlian dalam meracik jamu, Ibu Mooryati Soedibyo mendirikan perusahaan jamu dan kosmetika terbesar di Indonesia yaitu PT. Mustika Ratu, Tbk. Dimulai dari garasi rumahnya, bisnis yang dijalankan Ibu Mooryati Soedibyo terus berkembang setiap tahunnya. Bisnisnya telah membantu menciptakan lapangan pekerjaan dengan merekrut sekitar 3000 tenaga kerja yang secara langsung memperbaiki taraf hidup 3000 keluarga Indonesia. Tidak hanya itu, bisnis ini juga turut menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu produk bermutu yang berbahan tumbuhan alami Indonesia serta dihasilkan dari sumber daya Indonesia, yang disukai di mancanegara.

32.  PT Mustika Ratu Tbk membuat program untuk fresh graduate dan pelajar yang terdiri dari bimbingan para ahli. Program ini mencakup class room dan on-the-job training. PT Mustika Ratu menyiapkan lingkungan yang kondusif untuk mengenal perusahaan, semua bisnis dan nilai-nilai perusahaan bagi para calon karyawan.

33.  Terinspirasi oleh pesona Taman Sari yaitu taman yang indah yang terkenal sebagai tempat pemandian keluarga kerajaan Jawa, pangeran dan putrid. PT. Mustika Ratu mencintakan Taman Sari Roal Heritage Spa yang dibuka di Sheraton Mustika Hotel Yogyakarta pada tahun 1997 kemudian membuka cabang di Jakarta pada September 2000. Diikuti oleh yang lain makan dikelola oleh sistem waralaba. Karena PT.Mustika Ratu Tbk juga memperluas bisnis di lokal Indonesia seperti Riau, Palembang, Kampung Sampireun Garut, Anyer, Bintan juga di seluruh dunia seperti Malaysia, Zeo-Jepang, Republik Ceko, Whistler-Kanada, Bulgaria juga Langkawi-Malaysia dan lain-lain dalam waktu dekat.

34.  Festival Royal Heritage by Mustika Ratu
PT Mustika Ratu Tbk sebagai perusahan jamu dan kosmetika berbasis budaya menghadirkan pesona Festival Royal Heritage by Mustika Ratu ke dalam event Beauty Fair yang berlangsung pada tanggal 7 hingga 13 September 2015 di Atrium Mall Kota Kasablanka. Dalam event ini, Mustika Ratu mengajak media dan beauty blogger untuk ikut menikmati sensasi rangkaian pesona Royal Heritage yang berlangsung pada hari ini, Kamis (10/9) yang turut dihadiri oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2015, Chintya Fabyola yang akan berbagi cerita rahasia bugar dan cantiknya serta persiapannya dalam menyambut ajang Miss International 2015 di Jepang nanti.
Dalam acara Gathering kali ini, media dan beauty blogger dalam menikmati rangkaian acara yang sudah dipersiapkan oleh Mustika Ratu seperti; demo make up menggunakan Moor’s Professional Make Up, Neck and Shoulder treatment dari Taman Sari Royal Heritage Spa serta nail art dari Mustika Puteri, tak lupa suguhan wedang hangat dan tetrapack gula asam, beras kencur dan kunir asam dari Mustika Ratu Jamu pun siap dijamu. “Disini media dan beauty blogger akan kami bawa kedalam suasana Royal Heritage yang sesuai dengan trademark dari Mustika Ratu. Dengan tema ini, Mustika Ratu ingin mengajak generasi muda tetap mencintai dan membawa nilai budaya bangsa kedalam kehidupan sehari-hari,” ungkap GM Marketing PT Mustika Ratu Tbk, Indah Soelistyawati.
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Putri K Wardani melihat event ini sebagai peluang bagi pengusaha lokal untuk bisa berlaga di pentas dagang nasional bahkan internasional. “Kita tidak boleh kalah saing dengan merek asing, secara kualitas produk asli Indonesia tidak kalah bersaing dengan merek luar. Kenaikan nilai dollar terhadap rupiah saat ini merupakan kesempatan bagi Kami, pelaku usaha lokal untuk menarik minat konsumen agar mencintai produk dalam negeri,” ujar Putri.
Beragam acara menarik sudah dirancang oleh Mustika Ratu untuk menghibur pengunjung seperti Meet and Greet with Puteri Indonesia, Photo Competition with Puteri Indonesia, Demo Make Up by Moor’s Professional Make Up by Mustika Ratu, Beauty Feet Challenge by Taman Sari Royal Heritage Spa, Free Nail Art, Free Tarot, diskon menarik serta suguhan manis cupcakes dan Belgian choco tartlet dari robokeik.

35. Mengenal Jamu Dengan House of Jamu Mustika Ratu
Sejak Desember 2014, PT Mustika Ratu, Tbk sebagai perusahaan Jamu Tradisional gencar menggampanyekan Gerakan Ayo Minum Jamu Bersama yang rutin dilakukan di Kementerian setiap hari Jumat. Menyadari pentingnya konsumsi minum jamu bersama, maka Presiden Direktur PT.Mustika Ratu, Tbk serta Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Indonesia Bidang Industri Berbasis Budaya, Putri K. Wardani yang didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menghadirkan “House of Jamu Mustika Ratu” yang berada di Lobby Utama Kementerian Perdagangan, Jl, M.I Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Dalam acara Launching dan talk show ini turut hadir Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustine dan Puteri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri. Dalam launching “House of Jamu Mustika Ratu”, Mustika Ratu juga memperkenalkan beberapa menu minuman dan makanan ringan yang diolah dari aneka jamu-jamuan Mustika Ratu seperti Gula Asam, Beras Kencur dan Kunir Asam. Presiden Direktur PT.Mustika Ratu, Tbk serta Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Indonesia Bidang Industri Berbasis Budaya, Putri K. Wardani menyadari tidak mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan minuman jamu segar yang higienis dan langsung bisa diminum di tempat, untuk itu tebersitlah rencana untuk membuat outlet jamu siap saji di tempat keramaian yang diberi nama “House of Jamu Mustika Ratu”. “House of Jamu Mustika Ratu dibuat untuk memperkenalkan kepada masyarakat manfaat konsumsi jamu selain itu juga mengajak generasi muda untuk rajin minum jamu serta mengedukasi bahwa jamu tidak pahit dan ternyata bisa diolah menjadi minuman dan makanan ringan yang sangat mengundang selera. Jamu sangat bagus untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, selain itu jamu tidak lagi pahit seperti dulu karena sudah diolah dan bisa dikonsumsi di mana pun dan kapanpun. Anindya pun berpesan kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk sama-sama menyukai dan mengonsumsi Jamu. Jangan sampai minuman Jamu di klaim menjadi minuman kesehatan oleh negara tetangga, maka dari itu ayuk kita sama-sama membudayakan Gerakan Ayo Minum Jamu. Selain minuman dan makanan ringan, di “House of Mustika Ratu” pengunjung juga bisa mendapatkan produk jamu dan teh kesehatan dari Mustika Ratu seperti Slimming Tea untuk melangsingkan, Lokol Tea untuk menurunkan kolestrol, Tox Tea untuk detoks dan memperbaikin fungsi hati, dll, Minuman Kemasan/RTD Gula Asam, Beras Kencur dan Kunir Asam yang menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) yang memungkinkan pengolahan 100% bahan-bahan segar jamu menjadi aneka ramuan, sesuai aslinya tanpa bahan pengawet dan tahan hingga 3 tahun. Dulu ramuan jamu hanya maksimal tahan 3 hari, kalau disimpan di lemari es paling lama awet sekitar 10 hari. Dengan teknologi ini minuman RTD bisa bertahan 3 tahun.

Sumber; www.mustikaratu.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar