Selasa, 01 Maret 2016

15 Fakta PT. Tirta Investama (AQUA DANONE)





  • Company Profile
     PT Golden Mississippi didirikan sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-.  Pada tahun 1948 Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut. Pada tahun 1985 Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan botol PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi. Pada tahun 1993, AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi, sehingga proses produksi menjadi lebih higienis. Pada 4 September 1998, AQUA dan grup Danone sepakat untuk bergabung. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia. 2000 Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA. 2001, Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga Danone kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group dan sekarang telah berganti nama menjadi PT.Tirta Investama.

     Pada tanggal 27 september, AQUA memproduksi MIZONE,minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit. AQUA Group menerapkan nilai-nilai Danone Group, yang menggambarkan visi dan etika binis kami yang unik. Sejarah nilai-nilai ini mencerminkan komitmen perusahaan kami terhadap komunikasi yang terbuka dan kerja bersama. Nilai-nilai Danone dibangun oleh masukan karyawan Danone (Danoner) mengenai nilai-nilai penting apa yang semestinya menggerakkan perusahaan. Hasil kolaborasi ini adalah empat nilai-nilai Danone yang menjadi bagian yang dihormati dan menyatu dalam kegiatan kami sehari-hari. Nilai-nilai ini memandu pengambilan keputusan dan juga cara pandang profesional kami. Nilai-nilai ini melindungi dan memelihara hal yang benar-benar spesial dari budaya Danone. Sebagai perusahaan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) No. 1, AQUA berkomitmen meningkatkan kualitas produk, memberikan pelayanan yang prima serta berkontribusi untuk melestarikan lingkungan. Ini merupakan sebuah proses terus menerus yang akhirnya berkembang menjadi semangat perusahaan. Penghargaan atas proses tersebut dipersembahkan AQUA bagi konsumen dan lingkungannya. Danone Group sebagai induk perusahaan AQUA Group, sejak tahun 1972 telah memiliki Dual Commitment. Pencapaian kinerja ekonomi dan perhatian terhadap aspek sosial berjalan seiring sejalan. Danone menggunakan pendekatan bisnis yang mengkombinasikan tujuan ekonomi dengan tujuan sosial dan lingkungan.

  • Empat prioritas strategis

Empat prioritas strategis, atau yang dikenal dengan 4 pilar, dipilih untuk menjalankan misi Danone, yaitu :

1. Kesehatan (Health)
AQUA Group berupaya untuk memastikan produk yang dihasilkannya sehat dan berkualitas. Upaya dilakukan sejak pengambilan air baku di sumbernya, sampai proses produksi dan pengemasan.

Kami berupaya memberikan informasi dan melakukan promosi produk yang bertanggung jawab. meningkatkan pemahaman konsumen mengenai kesehatan dan kualitas produk dengan memberikan informasi pada label produk, melakukan promosi dan komunikasi pemasaran serta menjaga kepuasan dan privasi pelanggan.


2. Lingkungan Hidup (Nature)

AQUA Group berkontribusi terhadap pengelolaan daerah aliran sungai di lokasi pabriknya. Melalui program AQUA Lestari ini diharapkan kualitas dan kuantitas air tanah dapat terus terjaga sehingga semua pihak dapat memanfaatkannya secara optimal

Kami melakukan inisiatif-inisiatif dalam mengelola dampak lingkungan dari kegiatan produksi dan operasi AQUA Group. Upaya ini dilakukan demi mencegah dan meminimalkan pencemaran lingkungan dan perubahan iklim.

3. Manusia (People)
Kami melakukan dua inisiatif yaitu pemberdayaan karyawan sebagai aset perusahaan dan,
Inisiatif sosial yang dilakukan oleh karyawan bersama pemangku kepentingan lain. Sebagian besar merupakan program "AQUA Lestari" dan Danone Ecosystem Fund, yang dijalankan oleh AQUA Group dengan dukungan teknis dan dana langsung dari kantor pusat Danone di Paris, Perancis

4. Untuk Semua (For All)
Pilar ini merupakan strategi Danone Group untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, termasuk kalangan berpenghasilan rendah.

  • Prinsip dasar Aqua :
Sejalan dengan visi dan misi perusahaan, bisnis dan produksi AQUA Grup menerapkan prinsip kehati-hatian sesuai praktik manajemen modern. Praktik dan ketatalaksanaan ini didukung strategi keberlanjutan AQUA Lestari dengan empat pilar utama, yaitu:

1. Pelestarian air  dan lingkungan 
AQUA Grup berkomitmen penuh mengelola sumber daya air secara berkelanjutan. Komitmen ini diimplementasikan dalam bentuk mengelola dampak operasi, menjaga keseimbangan neraca air, mengendalikan kualitas air, dan mengelola sumber daya air secara arif. AQUA Grup selalu mematuhi peraturan yang berlaku. Di sisi lain, AQUA Grup juga menyelenggarakan berbagai inisiatif program pelestarian air dan lingkungan dari hulu ke hilir. Konservasi yang dilakukan di daerah tangkapan air turut berkontribusi dalam menjaga pelestarian DAS di setiap lokasi pabrik. Penelitianpenelitian terkait sumber daya air, pendidikan lingkungan hidup, rehabilitasi saluran irigasi, serta pembuatan sumur resapan dan biopori, merupakan bagian integral dari inisiatif AQUA Grup dalam pengelolaan dan pelestarian sumber daya air. Seluruh inisiatif itu diikat dalam komitmen internal berbentuk Kebijakan Perlindungan Sumber Daya Air yang merujuk pada komitmen Danone tentang perlindungan lingkungan air tanah dalam (ground-water policy)

2. Praktik perusahaan ramah lingkungan
AQUA Grup menjalankan operasi bisnisnya dengan mengedepankan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sesuai kepatuhan pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Berkenaan dengan emisi sebagai salah satu isu lingkungan utama global, inisiatif pengurangan jejak karbon dilakukan melalui penghematan energi, air, serta bahan baku plastik dan kemasan, yang dikelola berdasarkan target penurunan emisi karbon yang ditetapkan Danone serta dipantau melalui audit reguler

3. Pengelolaan distribusi produk
AQUA Grup terus mengkaji penggunaan moda transportasi alternatif untuk distribusi produk yang ramah lingkungan. Program yang dilaksanakan antara lain penggunaan kereta api untuk pengangkutan produk galon dari Sukabumi ke Jakarta, manajemen transportasi yang diterapkan bekerja sama dengan pihak jasa logistik, keselamatan berkendara, perbaikan/perawatan jalan, serta pengelolaan dampak distribusi produk (khususnya sampah kemasan) melalui program pemberdayaan pemulung.


4.Pelibatan dan Pemberdayaan masyarakat
Target utama jangka panjang pelibatan dan pemberdayaan masyarakat adalah menyatukan visi AQUA Grup dengan para pemangku kepentingannya dalam berkontribusi kepada pembangunan berkelanjutan. Implementasi pilar ini difokuskan pada perlindungan dan pelestarian sumber daya air melalui praktik-praktik pertanian organik terpadu, peningkatan akses air bersih, kemandirian sosial-ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan usaha mikro dan koperasi, serta perluasan akses modal dan pasar.

  • Aqua mengembangkan program WASH untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui:

- Menyediakan sarana air bersih dan sanitasi
- Perilaku Hodup Bersih dan Sehat
- Memfasilitasi program bersama LSM
- Koordinasi bersama masyarakt setempat
- Monitoring kemajuan program
Aqua lestari merupakan komitmen untuk selalu mengelola lingkungan, dengan berbagai inisiatif sosial yang terintegrasi dari wilayah hulu, tengah, dan  hilir di lokasi AQUA Group.

  • AQUA menjalankan berbagai program perlindungan air dan lingkungan dari hulu sampai ke hilir. Dalam pelaksanaanya, AQUA melakukan penilaian kebutuhan (need assessment) dari lingkungan sekitar dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak demi terwujudnya cita-cita bersama ini. Media adalah mitra AQUA Grup  yang sangat penting selama AQUA beroperasi di Indonesia. Media dalam format apapun memiliki kekuatan dalam menggugah kesadaran masyarakat dan berbagai pihak, terutama untuk lebih memperhatikan mengenai kondisi lingkungan di Indonesia.  Selain memberikan kontrol sosial, media sangatlah ampuh dalam memberikan inspirasi untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
  • .Materialitas yang diidentifikasi pada periode 2013-2014 adalah aspek-aspek yang memengaruhi pandangan dan pengambilan keputusan pemangku kepentingan terhadap AQUA Grup (G4-19), yang meliputi: Pelibatan dan pemberdayaan masyarakat, Transportasi, WASH Materialitas dan Pembatasan, Kekeringan dan konservasi, Regulasi,  Pengelolaan sampah plastik, Pengelolaan air buangan Ketujuh isu tersebut didapatkan dari hasil lokakarya internal, manajemen risiko, audit reputasi, survei pelanggan, penelusuran pemberitaan di media, surat elektronik, telepon, dan Focus Group Discussion (FGD) dengan para ahli. Selain itu, baik Kantor Pusat maupun pabrik memiliki dokumen laporan penanganan keluhan para pemangku kepentingan. Masukan dari pemangku kepentingan didokumentasikan dan menjadi pertimbangan dalam sejumlah keputusan penting.

  • AQUA Luncurkan Produk Rumah Tangga yang Inovatif



     AQUA meluncurkan produk-produk yang inovatif yang belum pernah dibayangkan sebelumnya dan sekarang telah menjadi kenyataan. AQUA Sebagai merek global dari Jepang untuk peralatan rumah tangga yang telah diluncurkan di Jakarta, Indonesia, dengan tema “Delivering Possibilities” di Hotel Pullman, Central Park Kamis (19/11).
      Yoshiaki Ito selaku  Presiden & CEO mengatakan, “untuk bisnis AQUA di Jepang dan negara-negara di ASEAN Industri peralatan rumah tangga saat ini membosankan; kami hadir di sini untuk mendobrak keseragaman yang ada pada industri ini dengan membawa ide-ide AQUA yang akan mewujudkan segala kemungkinan kepada konsumen kami.” “Itulah bagaimana produk-produk yang ditampilkan ini ada: Untuk secara konsisten mendobrak tradisi-tradisi yang ada sambil fokus pada kebutuhan dan keinginan pengguna.” 
     AQUA telah meraih kesuksesan yang besar di Jepang. Ini merupakan merek alat rumah tangga baru nomor satu dalam sejarah. Yang lebih bagus lagi, produk-produk AQUA akan tersedia di Indonesia dan berbagi DNA yang sama dengan produk dari merek tersebut untuk pasar domestik Jepang: teknologi terkini Jepang dan desain yang sempurna dengan standar manufaktur Jepang menjadikan AQUA memiliki kualitas terbaik. indopos.co.id 



  •  Aqua meluncurkan inovasi terbaru untuk meningkatkan promosi dengan #AdaAQUA


 #AdaAQUA membahas mengenai Kurang minum menurunkan konsentrasi  dan fokus, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, maka dari itu nilai yang akan di dapat oleh konsumen adalah memperbanyak minum dengan AQUA.

  • #Temukanindonesiamu, AQUA meluncurkan inovasi terbaru yang lainnya yaitu mengenai Temukan Indonesiamu 

    Temukan Indonesiamu merupakan inovasi terbaru dari AQUA yang terdapat pada kemasan Aqua yang bertujuan untuk bisa memberikan nilai-nilai yang ada dalam Kebudayaan masyarakat Indonesia.  AQUA mencoba mengingatkan masyarakat Indonesia dengan cara Menemukan kembali nilai-nilai Indonesia  yang ada di keseharianmu;

1. Berbagi
2. Santun
3. Ramah
4. Kekeluargaan
5. Gotong Royong


  • Aqua Undang seluruh pihak untuk lestarikan air dan lingkungan melalui anugerah AQUA V

 AJA pertama kali diselenggarakan tahun 2010, dan terbuka bagi jurnalis dan masyarakat umum yang karyanya sudah dipublikasikan di media massa dan sosial di Indonesia. Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) adalah bentuk apresiasi kami kepada insan pers dan pegiat media sosial atas kontribusinya memberikan karya yang inspiratif bagi masyarakat untuk kelestarian air dan lingkungan. Aqua mengumumkan pemenang kompetisi Anugerah Jurnalistik AQUA V (AJA V) sekaligus memberikan apresiasi kepada media yang secara kreatif dan inspiratif menggugah masyarakat tentang  pentingnya pelestarian air dan lingkungan. AJA merupakan apresiasi AQUA Grup bagi insan pers dan pegiat media sosial dalam menghasilkan karya yang inspiratif untuk kelestarian air dan lingkungan.  AJA diselenggarakan sejak 2010 dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima. Karya dapat dikompetisikan  dalam AJA V adalah karya yang sudah dipublikasikan pada  1 November 2014 – 31 Oktober 2015 dan terbuka bagi jurnalis dan masyarakat umum. 

  •  7 Isu material AQUA Grup

    Materialitas yang diidentifikasi pada periode 2013-2014 adalah aspek-aspek yang memengaruhi pandangan dan pengambilan keputusan pemangku kepentingan terhadap AQUA Grup (G4-19), yang meliputi:

    -          Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat
    -          Transportasi
    -          WASH
    -          Kekeringan dan Konversi
    -          Regulasi
    -          Pengelolaan Sampah Plastik
    -          Pengelolaan Air Buangan
             
    Ketujuh isu tersebut didapatkan dari hasil lokakarya internal, manajemen risiko, audit reputasi, survei pelanggan, penelusuran pemberitaan di media, surat elektronik, telepon, dan Focus Group Discussion (FGD) dengan para ahli. Selain itu, baik Kantor Pusat maupun pabrik memiliki dokumen laporan penanganan keluhan para pemangku kepentingan. Masukan dari pemangku kepentingan didokumentasikan dan menjadi pertimbangan dalam sejumlah keputusan penting. Aspek-aspek material teridentifikasi, yang juga memengaruhi penilaian dan pengambilan keputusan manajemen, menjadi tanggung jawab seluruh organisasi, lini produksi, dan distribusi AQUA Grup. Namun, untuk memberikan gambaran patokan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan, laporan ini difokuskan pada Pabrik Mekarsari dan Babakan Pari di Sukabumi, juga Pabrik Klaten dan Pabrik Wonosobo (G4-20).
  • Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

    Melalui kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat lokal, AQUA Grup memfasilitasi pembentukan kelompok usaha untuk pengelolaan sampah rumah tangga. Dengan menerapkan prinsip 3R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur-ulang), program ini ditujukan untuk kategori sampah layak jual dan layak kreasi menjadi alternatif peningkatan ekonomi masyarakat. Di Pabrik Klaten terbentuk paguyuban pengelola sampah dan bank sampah, masing-masing Paguyuban Rukun Santoso dan Bank Sampah Saras Watra, yang aktivitasnya telah berjalan hingga tahap penjualan sampah layak jual dan layak kreasi. Hingga akhir 2014, telah ada 70 KK yang sampah rumah tangganya dikelola oleh Paguyuban Rukun Santoso. Di Pabrik Wonosobo terdapat kelompok sadar bersih (Mpok Darsih) yang dikelola oleh kalangan muda putus sekolah. Mpok Darsih bertekad menjadikan sampah sebagai berkah. Selain perolehan manfaat ekonomi melalui pemilahan dan pengelolaan sampah layak kreasi, Mpok Darsih juga mengembangkan pengolahan dan penjualan pupuk organik yang dihasilkan dari sampah rumah tangga.
  • Pada 2013-2014 AQUA Grup terus melakukan perluasan program sosial dan lingkungan yang telah ada sebelumnya dengan penambahan ragam dan lokasi program akses air bersih dan penyehatan lingkungan (Water Access, Sanitation and Hygiene—WASH), pertanian berkelanjutan, konservasi berbasis masyarakat, serta pengembangan ekonomi lokal melalui penguatan usaha mikro.

  • AQUA Grup Luncurkan Laporan Berkelanjutan 2013-2014 dan Logo serta Microsite AQUA Lestari yang Baru 
         AQUA Grup, pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia, (21/12) meluncurkan Laporan Keberlanjutan (Suistainibility Report) yang berjudul “Komitmen untuk Indonesia” sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Perusahaan kepada publik. Laporan Keberlanjutan AQUA Grup yang dipublikasikan setiap dua tahun ini  merupakan edisi ketiga sejak pertama dibuat tahun 2010. Peluncuran laporan ini dilakukan dengan menggelar kegiatan kunjungan media dan pemangku kepentingan ke Pabrik  AQUA di Sukabumi  dengan tema kegiatan “The Journey. Sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas terhadap pemangku kepentingan dan publik secara luas, AQUA Grup membuka ruang-ruang komunikasi baik melalui Laporan Keberlanjutan, digital dan perubahan identitas visual AQUA Lestari.


  • Empat Pabrik AQUA Group Kembali Dapatkan Anugerah PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 
Empat pabrik AQUA Group menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Hijau pertama kalinya pada 2014.  AQUA Group merupakan  Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang meraih PROPER Hijau. Pada  23 November 2015 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyerahkan Anugerah PROPER Hijau 2015 kepada empat pabrik AQUA Group atas implementasi sistem produksi bersih  dan program keanekaragaman hayati serta pemberdayaan masyarakat yang melebihi standar yang telah ditetapkan.  Penghargaan ini diserahkan (23/11) di Jakarta untuk  Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Mambal, Pabrik AQUA Pandaan dan Pabrik AQUA Airmadidi.  Tahun 2015 merupakan kedua kalinya keempat pabrik AQUA Group tersebut menerima Penghargaan PROPER Hijau.    

  • Puskeshaji dan IHWG Luncurkan Buku Panduan Hidrasi saat Haji dan Umrah
Pusat Kesehatan Haji (Puskeshaji) - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan Indonesian Hydration Working Group (IHWG) pada 19 Agustus 2015 meluncurkan Buku Panduan Hidrasi Saat Haji dan Umroh. Buku ini ditujukan kepada para tenaga kesehatan dalam membina kesehatan jemaah haji agar terhindar dari dehidrasi akibat perbedaan suhu dan kelembaban yang sangat ekstrim dibandingkan di Tanah Air. Dehidrasi juga merupakan salah satu penyakit yang sering diderita para jemaah haji asal Indonesia yang dapat mempengaruhi kualitas Ibadah di tanah suci. Sebagai salah satu perusahaan di Indonesia yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, AQUA Grup mendukung terbitnya buku panduan ini. Sesuai dengan visi AQUA, yaitu menyediaan kesehatan bagi sebanyak mungkin orang, kami menyadari bahwa hidrasi sangat penting dalam ibadah haji dan umroh. Seperti yang telah dijelaskan oleh narasumber yang lain bahwa suhu udara dan kelembaban di Arab Saudi yang sangat ekstrim menyebabkan jemaah haji dan umroh mudah mengalami kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) yang dapat berakibat fatal khususnya bagi usia lanjut dan yang memiliki penyakit-penyakit tertentu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar