15 Fakta PT. Tirta Investama (AQUA DANONE)
- Company Profile
PT
Golden Mississippi didirikan sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan
(AMDK) pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Produksi
pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml
dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-. Pada tahun 1948 Pabrik AQUA kedua
didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan
diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut. Pada tahun 1985
Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan botol PET 220 ml.
Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman
untuk dikonsumsi. Pada tahun 1993, AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang
menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan
pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah
botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses
produksi, sehingga proses produksi menjadi lebih higienis. Pada 4 September 1998,
AQUA dan grup Danone sepakat untuk bergabung. Langkah ini berdampak pada
peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral
dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia. 2000 Bertepatan dengan
pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA. 2001, Danone
meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %,
sehingga Danone kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group dan sekarang telah berganti nama menjadi PT.Tirta Investama.
Pada tanggal 27 september,
AQUA memproduksi MIZONE,minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE.
MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit. AQUA Group
menerapkan nilai-nilai Danone Group, yang menggambarkan visi dan etika binis
kami yang unik. Sejarah nilai-nilai ini mencerminkan komitmen perusahaan kami
terhadap komunikasi yang terbuka dan kerja bersama. Nilai-nilai Danone dibangun
oleh masukan karyawan Danone (Danoner) mengenai nilai-nilai penting apa yang
semestinya menggerakkan perusahaan. Hasil kolaborasi ini adalah empat
nilai-nilai Danone yang menjadi bagian yang dihormati dan menyatu dalam
kegiatan kami sehari-hari. Nilai-nilai ini memandu pengambilan keputusan dan
juga cara pandang profesional kami. Nilai-nilai ini melindungi dan memelihara
hal yang benar-benar spesial dari budaya Danone. Sebagai perusahaan AMDK (Air
Minum Dalam Kemasan) No. 1, AQUA berkomitmen meningkatkan kualitas produk,
memberikan pelayanan yang prima serta berkontribusi untuk melestarikan
lingkungan. Ini merupakan sebuah proses terus menerus yang akhirnya berkembang
menjadi semangat perusahaan. Penghargaan atas proses tersebut dipersembahkan
AQUA bagi konsumen dan lingkungannya. Danone Group sebagai induk perusahaan
AQUA Group, sejak tahun 1972 telah memiliki Dual Commitment. Pencapaian kinerja
ekonomi dan perhatian terhadap aspek sosial berjalan seiring sejalan. Danone
menggunakan pendekatan bisnis yang mengkombinasikan tujuan ekonomi dengan tujuan
sosial dan lingkungan.
- Empat prioritas strategis
Empat prioritas strategis, atau yang dikenal dengan 4 pilar, dipilih untuk menjalankan misi Danone, yaitu :
1. Kesehatan (Health)
AQUA Group berupaya untuk
memastikan produk yang dihasilkannya sehat dan berkualitas. Upaya dilakukan
sejak pengambilan air baku di sumbernya, sampai proses produksi dan pengemasan.
Empat pabrik AQUA Group menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Hijau pertama kalinya pada 2014. AQUA Group merupakan Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang meraih PROPER Hijau. Pada 23 November 2015 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyerahkan Anugerah PROPER Hijau 2015 kepada empat pabrik AQUA Group atas implementasi sistem produksi bersih dan program keanekaragaman hayati serta pemberdayaan masyarakat yang melebihi standar yang telah ditetapkan. Penghargaan ini diserahkan (23/11) di Jakarta untuk Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Mambal, Pabrik AQUA Pandaan dan Pabrik AQUA Airmadidi. Tahun 2015 merupakan kedua kalinya keempat pabrik AQUA Group tersebut menerima Penghargaan PROPER Hijau.
Kami berupaya memberikan
informasi dan melakukan promosi produk yang bertanggung jawab. meningkatkan
pemahaman konsumen mengenai kesehatan dan kualitas produk dengan memberikan
informasi pada label produk, melakukan promosi dan komunikasi pemasaran serta
menjaga kepuasan dan privasi pelanggan.
2. Lingkungan Hidup (Nature)
AQUA Group berkontribusi
terhadap pengelolaan daerah aliran sungai di lokasi pabriknya. Melalui program
AQUA Lestari ini diharapkan kualitas dan kuantitas air tanah dapat terus
terjaga sehingga semua pihak dapat memanfaatkannya secara optimal
Kami melakukan
inisiatif-inisiatif dalam mengelola dampak lingkungan dari kegiatan produksi
dan operasi AQUA Group. Upaya ini dilakukan demi mencegah dan meminimalkan
pencemaran lingkungan dan perubahan iklim.
3. Manusia (People)
Kami melakukan dua inisiatif
yaitu pemberdayaan karyawan sebagai aset perusahaan dan,
Inisiatif sosial yang
dilakukan oleh karyawan bersama pemangku kepentingan lain. Sebagian besar
merupakan program "AQUA Lestari" dan Danone Ecosystem Fund, yang
dijalankan oleh AQUA Group dengan dukungan teknis dan dana langsung dari kantor
pusat Danone di Paris, Perancis
4. Untuk Semua (For All)
Pilar ini merupakan strategi
Danone Group untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, termasuk
kalangan berpenghasilan rendah.
- Prinsip dasar Aqua :
Sejalan dengan visi dan misi
perusahaan, bisnis dan produksi
AQUA Grup menerapkan prinsip
kehati-hatian sesuai praktik
manajemen modern. Praktik dan
ketatalaksanaan ini didukung
strategi keberlanjutan AQUA Lestari
dengan empat pilar utama, yaitu:
1. Pelestarian air dan lingkungan
AQUA Grup berkomitmen
penuh mengelola sumber
daya air secara berkelanjutan.
Komitmen ini diimplementasikan
dalam bentuk mengelola dampak
operasi, menjaga keseimbangan neraca
air, mengendalikan kualitas air, dan
mengelola sumber daya air secara arif.
AQUA Grup selalu mematuhi
peraturan yang berlaku. Di sisi lain,
AQUA Grup juga menyelenggarakan
berbagai inisiatif program pelestarian
air dan lingkungan dari hulu ke hilir.
Konservasi yang dilakukan di daerah
tangkapan air turut berkontribusi
dalam menjaga pelestarian DAS
di setiap lokasi pabrik. Penelitianpenelitian
terkait sumber daya
air, pendidikan lingkungan hidup,
rehabilitasi saluran irigasi, serta
pembuatan sumur resapan dan biopori,
merupakan bagian integral dari inisiatif
AQUA Grup dalam pengelolaan dan
pelestarian sumber daya air.
Seluruh inisiatif itu diikat dalam
komitmen internal berbentuk Kebijakan
Perlindungan Sumber Daya Air yang
merujuk pada komitmen Danone
tentang perlindungan lingkungan air
tanah dalam (ground-water policy)
2. Praktik perusahaan ramah
lingkungan
AQUA Grup menjalankan
operasi bisnisnya dengan
mengedepankan nilai-nilai Hak
Asasi Manusia (HAM) dan Kesehatan
dan Keselamatan Kerja (K3) sesuai
kepatuhan pada peraturan dan
perundang-undangan yang berlaku.
Berkenaan dengan emisi sebagai salah
satu isu lingkungan utama global,
inisiatif pengurangan jejak karbon
dilakukan melalui penghematan energi,
air, serta bahan baku plastik dan
kemasan, yang dikelola berdasarkan
target penurunan emisi karbon yang
ditetapkan Danone serta dipantau
melalui audit reguler
3. Pengelolaan distribusi
produk
AQUA Grup terus mengkaji
penggunaan moda transportasi
alternatif untuk distribusi
produk yang ramah lingkungan.
Program yang dilaksanakan antara
lain penggunaan kereta api untuk
pengangkutan produk galon dari
Sukabumi ke Jakarta, manajemen
transportasi yang diterapkan bekerja
sama dengan pihak jasa logistik,
keselamatan berkendara, perbaikan/perawatan jalan, serta pengelolaan
dampak distribusi produk (khususnya
sampah kemasan) melalui program
pemberdayaan pemulung.
4.Pelibatan dan Pemberdayaan
masyarakat
Target utama jangka panjang
pelibatan dan pemberdayaan
masyarakat adalah menyatukan
visi AQUA Grup dengan para
pemangku kepentingannya dalam
berkontribusi kepada pembangunan
berkelanjutan. Implementasi pilar ini
difokuskan pada perlindungan dan
pelestarian sumber daya air melalui
praktik-praktik pertanian organik
terpadu, peningkatan akses air bersih,
kemandirian sosial-ekonomi masyarakat
melalui pemberdayaan usaha mikro dan
koperasi, serta perluasan akses modal
dan pasar.
- Aqua mengembangkan program WASH untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui:
- Menyediakan sarana air
bersih dan sanitasi
- Perilaku Hodup Bersih dan
Sehat
- Memfasilitasi program
bersama LSM
- Koordinasi bersama
masyarakt setempat
-
Monitoring kemajuan program
Aqua lestari merupakan komitmen untuk selalu mengelola lingkungan,
dengan berbagai inisiatif sosial yang terintegrasi dari wilayah hulu, tengah,
dan hilir di lokasi AQUA Group.
- AQUA menjalankan berbagai program perlindungan air dan lingkungan dari hulu sampai ke hilir. Dalam pelaksanaanya, AQUA melakukan penilaian kebutuhan (need assessment) dari lingkungan sekitar dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak demi terwujudnya cita-cita bersama ini. Media adalah mitra AQUA Grup yang sangat penting selama AQUA beroperasi di Indonesia. Media dalam format apapun memiliki kekuatan dalam menggugah kesadaran masyarakat dan berbagai pihak, terutama untuk lebih memperhatikan mengenai kondisi lingkungan di Indonesia. Selain memberikan kontrol sosial, media sangatlah ampuh dalam memberikan inspirasi untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
- .Materialitas yang diidentifikasi pada periode 2013-2014 adalah aspek-aspek yang memengaruhi pandangan dan pengambilan keputusan pemangku kepentingan terhadap AQUA Grup (G4-19), yang meliputi: Pelibatan dan pemberdayaan masyarakat, Transportasi, WASH Materialitas dan Pembatasan, Kekeringan dan konservasi, Regulasi, Pengelolaan sampah plastik, Pengelolaan air buangan Ketujuh isu tersebut didapatkan dari hasil lokakarya internal, manajemen risiko, audit reputasi, survei pelanggan, penelusuran pemberitaan di media, surat elektronik, telepon, dan Focus Group Discussion (FGD) dengan para ahli. Selain itu, baik Kantor Pusat maupun pabrik memiliki dokumen laporan penanganan keluhan para pemangku kepentingan. Masukan dari pemangku kepentingan didokumentasikan dan menjadi pertimbangan dalam sejumlah keputusan penting.
- AQUA Luncurkan Produk Rumah Tangga yang Inovatif
AQUA
meluncurkan produk-produk yang inovatif yang belum pernah dibayangkan
sebelumnya dan sekarang telah menjadi kenyataan. AQUA Sebagai merek global dari
Jepang untuk peralatan rumah tangga yang telah diluncurkan di Jakarta,
Indonesia, dengan tema “Delivering Possibilities” di Hotel Pullman, Central
Park Kamis (19/11).
Yoshiaki
Ito selaku Presiden & CEO mengatakan, “untuk bisnis AQUA di Jepang
dan negara-negara di ASEAN Industri peralatan rumah tangga saat ini
membosankan; kami hadir di sini untuk mendobrak keseragaman yang ada pada
industri ini dengan membawa ide-ide AQUA yang akan mewujudkan segala kemungkinan
kepada konsumen kami.” “Itulah
bagaimana produk-produk yang ditampilkan ini ada: Untuk secara konsisten
mendobrak tradisi-tradisi yang ada sambil fokus pada kebutuhan dan keinginan
pengguna.”
AQUA
telah meraih kesuksesan yang besar di Jepang. Ini merupakan merek alat rumah
tangga baru nomor satu dalam sejarah. Yang lebih bagus lagi, produk-produk AQUA
akan tersedia di Indonesia dan berbagi DNA yang sama dengan produk dari merek
tersebut untuk pasar domestik Jepang: teknologi terkini Jepang dan desain yang
sempurna dengan standar manufaktur Jepang menjadikan AQUA memiliki kualitas
terbaik. indopos.co.id
- Aqua meluncurkan inovasi terbaru untuk meningkatkan promosi dengan #AdaAQUA
#AdaAQUA membahas mengenai Kurang minum menurunkan konsentrasi dan fokus, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, maka dari itu nilai yang akan di dapat oleh konsumen adalah memperbanyak minum dengan AQUA.
- #Temukanindonesiamu, AQUA meluncurkan inovasi terbaru yang lainnya yaitu mengenai Temukan Indonesiamu
Temukan Indonesiamu merupakan inovasi terbaru dari AQUA yang terdapat pada kemasan Aqua yang bertujuan untuk bisa memberikan nilai-nilai yang ada dalam Kebudayaan masyarakat Indonesia. AQUA mencoba mengingatkan masyarakat Indonesia dengan cara Menemukan
kembali nilai-nilai Indonesia yang ada
di keseharianmu;
1. Berbagi
2. Santun
3. Ramah
4. Kekeluargaan
5. Gotong Royong
AJA pertama kali diselenggarakan tahun 2010, dan terbuka bagi jurnalis dan masyarakat umum yang karyanya sudah dipublikasikan di media massa dan sosial di Indonesia. Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) adalah bentuk apresiasi kami kepada insan pers dan pegiat media sosial atas kontribusinya memberikan karya yang inspiratif bagi masyarakat untuk kelestarian air dan lingkungan. Aqua mengumumkan pemenang kompetisi Anugerah Jurnalistik AQUA V (AJA V) sekaligus memberikan apresiasi kepada media yang secara kreatif dan inspiratif menggugah masyarakat tentang pentingnya pelestarian air dan lingkungan. AJA merupakan apresiasi AQUA Grup bagi insan pers dan pegiat media sosial dalam menghasilkan karya yang inspiratif untuk kelestarian air dan lingkungan. AJA diselenggarakan sejak 2010 dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima. Karya dapat dikompetisikan dalam AJA V adalah karya yang sudah dipublikasikan pada 1 November 2014 – 31 Oktober 2015 dan terbuka bagi jurnalis dan masyarakat umum.
- Aqua Undang seluruh pihak untuk lestarikan air dan lingkungan melalui anugerah AQUA V
AJA pertama kali diselenggarakan tahun 2010, dan terbuka bagi jurnalis dan masyarakat umum yang karyanya sudah dipublikasikan di media massa dan sosial di Indonesia.
- 7 Isu material AQUA GrupMaterialitas yang diidentifikasi pada periode 2013-2014 adalah aspek-aspek yang memengaruhi pandangan dan pengambilan keputusan pemangku kepentingan terhadap AQUA Grup (G4-19), yang meliputi:- Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat- Transportasi- WASH- Kekeringan dan Konversi- Regulasi- Pengelolaan Sampah Plastik- Pengelolaan Air BuanganKetujuh isu tersebut didapatkan dari hasil lokakarya internal, manajemen risiko, audit reputasi, survei pelanggan, penelusuran pemberitaan di media, surat elektronik, telepon, dan Focus Group Discussion (FGD) dengan para ahli. Selain itu, baik Kantor Pusat maupun pabrik memiliki dokumen laporan penanganan keluhan para pemangku kepentingan. Masukan dari pemangku kepentingan didokumentasikan dan menjadi pertimbangan dalam sejumlah keputusan penting. Aspek-aspek material teridentifikasi, yang juga memengaruhi penilaian dan pengambilan keputusan manajemen, menjadi tanggung jawab seluruh organisasi, lini produksi, dan distribusi AQUA Grup. Namun, untuk memberikan gambaran patokan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan, laporan ini difokuskan pada Pabrik Mekarsari dan Babakan Pari di Sukabumi, juga Pabrik Klaten dan Pabrik Wonosobo (G4-20).
- Pengelolaan Sampah Rumah TanggaMelalui kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat lokal, AQUA Grup memfasilitasi pembentukan kelompok usaha untuk pengelolaan sampah rumah tangga. Dengan menerapkan prinsip 3R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur-ulang), program ini ditujukan untuk kategori sampah layak jual dan layak kreasi menjadi alternatif peningkatan ekonomi masyarakat. Di Pabrik Klaten terbentuk paguyuban pengelola sampah dan bank sampah, masing-masing Paguyuban Rukun Santoso dan Bank Sampah Saras Watra, yang aktivitasnya telah berjalan hingga tahap penjualan sampah layak jual dan layak kreasi. Hingga akhir 2014, telah ada 70 KK yang sampah rumah tangganya dikelola oleh Paguyuban Rukun Santoso. Di Pabrik Wonosobo terdapat kelompok sadar bersih (Mpok Darsih) yang dikelola oleh kalangan muda putus sekolah. Mpok Darsih bertekad menjadikan sampah sebagai berkah. Selain perolehan manfaat ekonomi melalui pemilahan dan pengelolaan sampah layak kreasi, Mpok Darsih juga mengembangkan pengolahan dan penjualan pupuk organik yang dihasilkan dari sampah rumah tangga.
- Pada 2013-2014 AQUA Grup terus melakukan perluasan program sosial dan lingkungan yang telah ada sebelumnya dengan penambahan ragam dan lokasi program akses air bersih dan penyehatan lingkungan (Water Access, Sanitation and Hygiene—WASH), pertanian berkelanjutan, konservasi berbasis masyarakat, serta pengembangan ekonomi lokal melalui penguatan usaha mikro.
- AQUA Grup Luncurkan Laporan Berkelanjutan 2013-2014 dan Logo serta Microsite AQUA Lestari yang Baru
AQUA Grup, pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia, (21/12) meluncurkan Laporan Keberlanjutan (Suistainibility Report) yang berjudul “Komitmen untuk Indonesia” sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Perusahaan kepada publik. Laporan Keberlanjutan AQUA Grup yang dipublikasikan setiap dua tahun ini merupakan edisi ketiga sejak pertama dibuat tahun 2010. Peluncuran laporan ini dilakukan dengan menggelar kegiatan kunjungan media dan pemangku kepentingan ke Pabrik AQUA di Sukabumi dengan tema kegiatan “The Journey”. Sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas terhadap pemangku kepentingan dan publik secara luas, AQUA Grup membuka ruang-ruang komunikasi baik melalui Laporan Keberlanjutan, digital dan perubahan identitas visual AQUA Lestari.
- Empat Pabrik AQUA Group Kembali Dapatkan Anugerah PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
- Puskeshaji dan IHWG Luncurkan Buku Panduan Hidrasi saat Haji dan Umrah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar